Kantong Semar (Nepenthes) Kota Bengkulu



Kota Bengkulu memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi.  Salah satunya  memiliki satu flora unik lainya yaitu kantong semar dengan bahasa latin disebut “Nepenthes” yang diambil dari nama sebuah gelas anggur. Tumbuhan ini sangat unik, karena memiliki modifikasi daun berupa kantong. Fungsi dari kantong ini adalah sebagai perangkap organisme kecil seperti semut, nyamuk, dan rayap. Oleh karena itu kantong semar disebut juga sebagai “carnivore plant” tumbuhan pemakan hewan serangga kecil.
Kantong Semar dapat ditemukan di daerah rawa dan kerengas yang didominasi tumbuhan seperti paku resam dan rumput teki. Berikut adalah keragaman kantong semar di kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu yang merupakan hasil penelitian setahun yang lalu : 












 








(a)    N.mirabilis var lurik merah /(Dokumen Pribadi)





(b) N.mirabilis var. merah darah / (Dokumen Pribadi)







(c) N. mirabilis var. hijau / (Dokumen Pribadi)

Kantong semar diatas merupakan satu spesies yang sama yaitu Nepenthes mirabilis Druce. Akan tetapi memiliki variasi warna kantong yang berbeda (varietas). Hal ini dapat terjadi akibat perkawinan silang atau kondisi nutrisi tanah dan jumlah cahaya matahari. Sehingga menyebabkan dalam jenis yang sama memiliki pebedaan ciri.

Jumlah kantong semar sekarang sudah mengalami penurunan. Ancaman terbesar adalah pembuatan pemukiman warga dan alih fungsi lahan. Padahal potensi tumbuhan ini sebagai tanaman hias sangat besar karena memiliki karakter khas yang tidak ditemukan pada tumbuhan lain. Salah satu usaha untuk menjaga kantong semar dapat dilakukan dengan cara memilihara serta membudidayakannya. Sehingga kita dapat terus melihat tumbuhan unik ini sebagai keanekaragaman hayati yang ada di Kota Bengkulu.  

Peneliti : Pani Aswin, S,Pd / FKIP Biologi Universitas Bengkulu / S2 Pendidikan Biologi  Universitas Negeri Malang (Sedang Berlanjut)/ email : Azswinpani@yahoo.co.id


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bunga di Tepi Jurang

AIR TERJUN PACITAN, UNIT 4, BENGKULU UTARA

Air Terjun Datar Lebar, Bengkulu Tengah